Tugas IMK

Nama : Danny Satriany
NIM : 1333476090

Perancangan sistem informasi stok barang pada PT Danu Mekar Santoso
Oleh : Sri Rahayu
Nim : 1211471600
Pembimbing 1 : Dina Fitria Murad, M. Kom
Pembimbing 2 : Meta Amalya Dewi, M. Kom

Penguji : Meta Amalya Dewi, M.Kom

1. User compatibility
Sebuah software seolah-olah mengenal usernya, mengenal
karakteristik usernya, dari sifat sampai kebiasaan manusia
secara umum. : ya, karena software yang dibuatnya mempunyai user name dan password

2. Product compatibility
Contoh : aplikasi sistem melalui antarmuka diharapkan
menghasilkan report/laporan serta informasi yang detail dan
akurat dibandingkan dengan sistem manual. : ya, sistem yang dibuat menghasilkan laporan yg lumayan akurat untuk menstok barang yg masuk ataupun yang keluar.

3. Task compatibility
Contoh : User hanya klik setup, tekan tombol next, next, next,
finish, ok untuk menginstal suatu sotfware. : ya, dia hanya mengklik tombol next untuk melihat stok barangnya pada halaman web tersebut

4. Work flow compatibility
Sebuah aplikasi sistem sudah pasti mengapdopsi sistem manualnya dan didalamnya tentunya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Consistency
Contoh : keseragaman tampilan toolbar pada Word, Excel, PowerPoint, Access hampir sama. : ya karena ada keseragaman karena tampilannya itu seperti word dan juga Power Point.

6. Familiarity
Sifat manusia mudah mengingat dengan hal-hal yang sudah sering dilihatnya/didapatkannya. Secara singkat disebut dengan familiar. : lumayan familiar

7. Simplicity
Kesederhanaan perlu diperhatikan pada saat membangun antarmuka. : lumayan sederhana untuk tampilannya

8. Direct manipulation
Contoh : tampilan warna sesuai keinginan (misal pink) pada window bisa dirubah melalui desktop properties, tampilan skin winamp bisa dirubah, dll. : tampilannya ada sesuai yang di inginkannya dan dia menggunakan tampilan warna biru

9. Control
Contoh : llegal command, Can’t recognize input sebagai portal jika terjadi kesalahan : sayangnya tidak ada ilegal command

10. WYSIWYG
WYSIWYG = what you see is what you get = apa yang didapat adalah apa yang dilihatnya.

Contoh : apa yang tercetak di printer merupakan informasi yang terkumpul dari data-data yang terlihat di layar monitor pada saat mencari data. : ya, karena sudah jelas yang dilihat dari stok barang di projectnya sama seperti stok barang di aslinya

11. Flexibility
Sebagai contoh adanya menu, hotkey, atau model dialog yang lainnya. : ada, karena ada menu seperti user name , password dan juga input barang dll

12. Responsiveness
Setelah memberikan inputan atau memasukkan data ke aplikasi system melalui antarmuka, sebaiknya sistem langsung memberi tanggapan/respon dari hasil data yang diinputkan. : system software itu langsung merespon inputan yang diberikan oleh usernya sehingga menjadi barang masuk.

13. Invisible Technology
Contoh : sebuah aplikasi mempunyai voice recognize sebagai media inputan, pengolah kata yang dilengkapi dengan language translator. : tidak, karena dia tidak menggunakan voice dan menginputnya memakai ketikan tidak kemggunakan voice

15. Protection
Suasana nyaman perlu diciptakan oleh software engineer di antarmuka yang dibangunnya.

16. Ease Of Learning And Ease Of Use
Kemudahan dalam mengoperasikan software hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam saja